Selasa, 31 Juli 2012

Komputerisasi Data Akuntansi : XII


1. Apakah yang dimaksud dengan komputerisasi Data Akuntansi ?

Suatu system komputer yang dapat melakukan tugas-tugas serta menyelesaikan semua persoalan atau kasus dalam akuntansi dengan berbagai kemudahan, tetapi masih dalam prinsip-prinsip dan pemahaman dasar akuntansi.

2. Cara membuat Data Akuntansi dengan Myob ? (Langkah-Langkah)

1. Buat file baru,
    a. siapkan informasi data perusahaan,
    b. tentukan periode akuntansinya,
    c. simpan file di folder tersendiri,
2. a. membuat daftar akun/rek baru
    b. menyusun / setting rek linked akun:
        – linked account & Banking
        – linked sales
        – linked purhase
    c. menghapus tax code/kode pajak, sisakan GST & NT
    d. hapus nomor akun yang tidak di butuhkan
3. membuat card file :
    a. data pelanggan/customer/piutang
    b. data pemasuk/supplier/hutang
    c. data persediaan barang dagang/inventory
4. memasukkan data saldo awal:
    a. neraca (setup balance account)
    b. piutang (setup balance customer)
    c. hutang ( setup balance supplier)
    d. inventory
5. membuat transaksi jurnal baik jurnal umum dan jurnal khusus:
    a. jurnal umum ( modul account)
    b. jurnal pembelian dan pengeluaran kas (modul purchases)
    c. jurnal penjualan dan pemasukkan kas ( modul sales)
6. rekonsiliasi bank dan cetak laporan keuangan
7. tutup buku intern dan akhir periode

3. Singkatan dari MYOB : Mind Your Own Business

4. Modul yang dimiliki MYOB adalah
    - Account         : Digunakan untuk mengelola account - account perusahaan.( Jurnal Umum, Neraca, dll)
    - Banking         : Digunakan untuk mencatat pengeluaran dan permintaan uang perusahaan.
    - Sales              : Digunakan untuk mengupdate transaksi berkaitan penjualan dalam perusahaan.
    - Time Billing   : Digunakan untuk mengelola kegiatan penjualan yang berkaitan dengan waktu.
    - Pembelian      : Digunakan untuk mengupdate transaksi berkaitan pembelian dalam perusahaan.
    - Modul            : Digunakan untuk mengelola informasi mengenai barang, atau informasi lainnya.
    - Card File      : Digunakan untuk mengelola informasi pihak-pihak yang berhubungan dengan perusahaan

5. http://www.slideshare.net/Risdiana/myob-presentasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar